SUARA INDONESIA JAYAPURA

Pemprov Papua Usulkan Calon Pjs ke Mendagri Untuk 6 Kabupaten

Mustakim Ali - 15 February 2021 | 15:02 - Dibaca 4.05k kali
Pemerintahan Pemprov Papua Usulkan Calon Pjs ke Mendagri Untuk 6 Kabupaten
Sekda Provinsi Papua, Doren Wakerkwa (dokumen).

JAYAPURA - Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang masa jabatannya berkahir pada 17 Februari 2021 mendatang. Pemerintah Provinsi Papua telah mengusulkan sejumlah nama calon Pejabat Sementara (Pjs) ke Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) di Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Doren Wakerkwa saat dikonfirmasi suaraindonesia.co.id melalui seluler, Senin (15/02/2201) sore.

Menurut Doren, untuk Provinsi Papua ada 6 Kabupaten yang diusulkan Pjs ke Mendagri diantaranya, Kabupaten Keerom, Merauke, Boven Digoel, Waropen, Supiori dan Nabire.

"Untuk 6 Kabupaten ini sudah kita kirim SK pengusulan, dan sekarang tinggal tunggu jawaban Kemendagri untuk menyetujuinya,"ujar Doren Wakerkwa.

Doren Wakerkwa menambahkan, ke-6 Kabupaten ini merupakan peserta Pilkada 09 Desember 2020 lalu, dari 11 Kabupaten secara keseluruhan yang mengikuti Pilkada di Provinsi Papua.

"Beberapa daerah ini sebenarnya tunggu petunjuk Mendagri saja untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih, karena belum ada petunjuk, makanya Pemerintah Provinsi Papua mengusulkan Pjs untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati yang masa jabatannya berkahir tangal 17 nanti,"tuturnya.

Sementara untuk 5 Kabupaten lainnya yang saat ini masih menjalankan sengketa Pilkada di MK menurut Doren Wakerkwa masih menunggu intruksi lebih lanjut dari Mendagri.

"Untuk Pelantikan 11 Kabupaten yang ikut Pilkada kemarin belum bisa dipastikan apakah dilakukan secara bertahap atau serentak, lagi-lagi Pemprov Papua masih menunggu intruksi dari Mendagri,"bebernya.

Adapun 11 Kabupaten yang mengikuti Pemilihan Kepala Daerah dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati di Provinsi Papua 09 Desember 2020 lalu, Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Merauke, Kabupaten Waropen, Kabupaten Keerom, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Nabire.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya