SUARA INDONESIA JAYAPURA

Terus Salurkan Bantuan, Wabup P. Gusbager Minta Pembagian Sembako Harus Merata dan Terbuka

Mustakim Ali - 11 February 2021 | 13:02 - Dibaca 752 kali
Peristiwa Daerah Terus Salurkan Bantuan, Wabup P. Gusbager Minta Pembagian Sembako Harus Merata dan Terbuka
Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, (kanan) saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga Kampung Yanama, pada Kamis (11/02/2021).

KEEROM - Pemerintah Kabupaten Keerom dalam hal ini Wakil Bupati Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP terus melakukan penyaluraan bantuan kepada sejumlah masyarakat yang kena dampak banjir.

Kali ini Wakil Bupati Kabupaten Keerom itu bersama rombongan menyalurkan bantuan sebanyak 398 paket berisi beras 10 kg, mi instan, minyak goreng dan lain-lain di Kampung Yanama, Arso PIR II, Kamis (11/02/2021).

Dalam kesempatannya Wabup Piter Gusbager mengingatkan aparat kampung yang membagi sejumlah paket bantuan tersebut harus terbuka dan berbasis pada data korban yang riil.

"Saat ini Pemkab Keerom telah menetapkan masa tanggap darurat, yang kita lakukan ini untuk penanganan jangka pendek, diantaranya melakukan evakuasi korban, menyediakan tempat bagi pengungsi, menyediakan makanan siap saji, dan pemberian sembako seperti hari ini,"ujar Piter Gusbager.

Sementara untuk jangka panjang, menurut Wabup Keerom itu Pemkab Keerom akan mendata para korban yang rumahnya akan mendapat bantuan seperti syarat dari balai penyediaan rumah Kemen PUPR, juga akan dilakukan normalisasi sungai atau kali yang titik-titiknya saat ini tengah dilakukan pengecekan oleh tim dari pihak teknis.

Dirinya juga menegaskan bahwa Pemkab Keerom dalam menyerahkan bantuan akan merata kepada semua korban terdampak. Untuk itu dirinya meminta kepada aparat kampung untuk mendata dengan baik dan benar.

"Tolong didata secara baik dan valid, sampaikan kepada kami kalau memang masih ada kekurangan yang belum terima. Saya juga minta pak Sekda untuk bantu warga dalam hal menguras sumur, karena sumur warga banyak yang rusak terkena banjir, dan mungkin juga kalau diperlukan akan ada drop air bersih dan foging untuk membersihkan lingkungan,"paparnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Kampung Yanama, Ari Frits Deda, menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati dan Pemkab Keerom yang dinilai sangat sigap dalam menyikapi bencana banjir yang dihadapi warga Kampung Yanama, Arso PIR I itu.

"Terimakasih kepada Bapak Wakil Bupati Keerom yang telah memberikan bantuan sembako ini kepada warga. Kami juga memohon agar ada bantuan air bersih untuk warga karena sumur kami sudah terkontaminasi banjir. Dan juga untuk antisipasi banjir kita mohon ada normalisasi sungai yang ada di sekitar kampung,"pungkasnya.

Selama penyaluraan sejumlah bantuan Wabup Keerom itu didampingi Wakil Ketua I DPRD Keerom, H. Syahabuddin, SP, MSi, Kapolres Keerom, AKBP. Emile Reisite Hartanto, Kadistrik Arso, Rahmat Ramadhan, Kepala BPBD Keerom, Farel M, Ketua Tim Penanggulangan Banjir Keerom, Drs. Irwan, MMT, Ketua GOW Keerom, Ny. Yani Gusbager dan para pimpinan SKPD lingkungan Pemkab Keerom.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya