SUARA INDONESIA JAYAPURA

Gelar Baksos Pasca Banjir, Kapolda Papua Salurkan Ribuan Paket Sembako Untuk Warga Keerom

Mustakim Ali - 18 February 2021 | 14:02 - Dibaca 1.04k kali
TNI/Polri Gelar Baksos Pasca Banjir, Kapolda Papua Salurkan Ribuan Paket Sembako Untuk Warga Keerom
Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw saat menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada salah satu Warga Keerom, Kamis (18/02/2021)

JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw bersama Pejabat Utama TNI-Polri menggelar Bakti Sosial di Kampung Tangguh, tepatnya di Balai Kampung Warbo Distrik Arso 7 Kabupaten Keerom, Kamis (18/02/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Pomal Lantamal X Jayapura Letkol Wahyu. W, Aslog Lanud X Jayapura Kolonel David, Dandim 1701/Jayapura, Pejabat Utama Polda Papua, Kapolres Keerom AKBP Emile Reisitei Hartanto,SH,S.IK, PLH Bupati Keerom Drs. Irwan, MM.T, Sekda Kabupaten Keerom dan Kepala Kampung Yanamaa Pir I Arie Frits Deda, S.IP.

Kapolres Keerom dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya kampung tangguh ini diharapkan agar masyarakat tetap mematuhi prokes dengan tetap menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak) dalam rangka memutus mata rantai pandemi covid-19.

"Di wilayah ini terdapat Apotik hidup yang terus dijalankan oleh masyarakat yang ditanam dihalamannya masing-masing untuk dapat meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat. Dan saya harap kegiatan kampung tangguh akan terus dilakukan di wilayah berikutnya di Kabupaten Keerom,"ujar Kapolres.

Sementara itu Bupati terpilih Kabupaten Keerom, Piter Gusbager mengucapkan terima kasih dan masyarakat Keerom harus bersyukur bahwa di tengah kesibukannya Kapolda beserta rombongan masih dapat melihat Keerom yang saat ini Dilanda bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Masyarakat Keerom harus ingat bahwa Covid-19 ini betul nyata, dan dalam waktu dekat kita akan melakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (P2KM) untuk kebaikan kita bersama dalam menekan pandemi Covid-19 di Kabupaten Keerom,"ujar Piter Gusbager.

Mantan Wabup Keerom itu mengakui bahwa dirinya sangat mendukung program kampung tangguh demi masyarakat yang sejahtera dan bisa bangkit ditengah Pandemi Covid-19 ini.

"Saya harap ini berkelanjutan. Untuk itu mari bersama-sama kita tekan penyebaran Covid-19 dan jangan takut vaksin, dengan tetap memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan kita jaga wilayah Keerom,"bebernya.

Dalam keterangannya Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw mengatakan bahwa, pihaknya berharap sama-sama bangkit dari segala hal yang melingkupi hidup masyarakat saat ini, diantaranya pandemi covid-19 dimana Kampung Warbo awalnya 1 kasus kemudian menjadi 5 kasus namun dapat dituntaskan dengan ditangani bersama-sama.

"Pada Rapim TNI-Polri tahun 2021 kita dituntut untuk dapat mengatasi covid-19 agar masyarakat semakin serius dalam mematuhi protokol kesehatan. Saat ini kita sedang memberlakukan PPKM berbasis mikro, diharapkan peran Kepala Kampung yang dibantu oleh Bhabinkamtimas dan Babinsa untuk mencari dan melacak kasus penyebaran covid-19 hingga tingat RT/RW. Saya harap Kampung Warbo dapat melaksanakannya,"tutur Kapolda Papua itu.

Selain itu, Menurut Jenderal Bintang Dua itu bahwa banjir yang melanda wilayah Keerom beberapa hari terakhir salah satunya disebabkan oleh ulah oknum manusia yang berdampak kepada kita semua, untuk itu dirinya berharap perlu berembuk untuk dapat memunculkan buah pikir dalam mengantisipasi masalah yang terjadi.

"Kita TNI-Polri siap membantu masyarakat untuk mendorong Pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk menangani permasalahan di wilayah ini,"tuturnya.

Dikesempatan yang sama juga Kapolda Papua itu mengajak semua pihak untuk suarakan bersama bahwa vaksin itu aman dan bagi yang sudah terkena hanya bisa berdonor sebagai antibodi, dan sampai saat ini pelayanan vaksin sudah sampai di tenaga kesehatan. Mudah-mudahan ini bisa dimengerti oleh pengurus kampung untuk dapat disuarakan kepada masyarakat.

Dalam kesempatannya Kepala kampung Warbo mengatakan bahwa kasus pertama kali terpapar Covid-19 adalah Kampung Warbo, namun dengan bersama-sama kita dapat menganinya.

"Sementara itu dalam kampung tangguh ini, kita harus tangguh dalam penanganan Covid-19, ketahanan pangan dan menjaga integritas sebagai warga NKRI. Dengan adanya banjir kemarin kita gagal panen, namun saya bersyukur banjir kemarin tidak ada korban jiwa dan kami masyarakat Warbo sangat berterimakasih sekali dalam waktu yang berturut-turut di kunjungi oleh Bapak Kapolda,"ujarnya.

Dalam kunjungannya kali ini Kapolda Papua beserta rombongan menyerahkan ribuan paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat Keerom disejumlah titik, khususnya warga korban banjir.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya