SUARA INDONESIA JAYAPURA

Optimalkan Program Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Papua Jayapura Gandeng Bhabinkamtibmas

Mustakim Ali - 10 March 2023 | 08:03 - Dibaca 767 kali
Kesehatan Optimalkan Program Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Papua Jayapura Gandeng Bhabinkamtibmas
Posisi bersama BPJS Ketenagakerjaan dengan jajaran Babinkamtibmas usai sosialisasi.

JAYAPURA - Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan untuk menjamin perlindungan kepada pekerja dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, ditetapkan Inpres Nomor 2 Tahun 2023 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan juga sebagai tindaklanjut Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem.

Untuk itu, BPJS Ketenagakerjaan cabang Papua Jayapura melakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan dengan melakukan sosialisasi bersama Bhabinkamtibmas Polresta Jayapura, “Bersama Melindungi Pekerja” yang berlangsung di Hotel Horison Ultima.

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK cabang Papua Jayapura Haryanjas Pasang Kamase mengungkapkan, melalui kolaborasi BPJS Ketenagakerjaan dengan Bhabinkamtibmas Polresta Jayapura yang sedang dibangun, diharapkan Bhabinkamtibmas dapat berpartisipasi untuk memberikan edukasi mengenai jaminan social ketenagakerjaan bagi masyarakat, khususnya di desa dan kelurahan. Sehingga masyarakat pekerja menyadari, bahwa setiap pekerja membutuhkan dan berhak mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Harapan kedepan adalah program-program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat menyeluruh dan dipahami seluruh lapisan masyarakat. Setiap pekerja , setiap profesi mempunyai risiko dan yang paling penting tiap orang berhak untuk mendapatkan perlindungan sosial dan kesejahteraan,” katanya.

Diakui, BPJS Ketenagakerjaan telah melakukan kerja sama dengan Kapolri yang salah satu wujudnya kerjasamanya adalah bagaimana berkolaborasi dengan koordinasi dengan Bhabinkamtibmas. Kerjasama ini tidak hanya untuk pusat saja, namun sampai daerah juga, karena peran Bhabinkamtibmas khususnya di Papua sangat penting.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota diwakili Kasat Binmas Polresta Jayapura Kota AKP Piter Kendek mengakui, Bhabinkamtibmas siap membantu BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada pekerja, khususnya pekerja yang berada di desa dan kelurahan.

Dalam acara sosialisasi, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Jayapura sekaligus menyerahkan santunan program Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya