SUARA INDONESIA JAYAPURA

DPR Papua Setor 3 Nama Calon Pj Gubernur ke Pemerintah Pusat untuk Ditunjuk

Otinus Erwin Y - 11 August 2023 | 10:08 - Dibaca 1.02k kali
News DPR Papua Setor 3 Nama Calon Pj Gubernur ke Pemerintah Pusat untuk Ditunjuk
DPR Papua saat menyerahkan tiga nama Pj Gubernur Papua kepada Pemerintah Pusat pada Rabu 9 Agustus 2023.(ist) 

JAYAPURA, Suaraindonesia.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) menyerahkan tiga nama ke Pemerintah Pusat untuk ditunjuk sebagai calon Pj Gubernur Papua, Kamis (10/08/2023).

Tiga nama tersebut ialah Antonius Ayorbaba, Ridwan Rumasukun, dan Juliana Waromi. Setelah ditunjuk nantinya akan diumumkan pada 8 September, kemudian dilakukan pelantikan pada 9 September 2023 mendatang.

"Nantinya tiga nama ini akan mengerucut ke satu nama yang akan ditunjuk langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan posisi Gubernur Papua non aktif Lukas Enembe yang masa jabatannya akan berakhir pada September 2023 mendatang," kata Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw.

Ia mengatakan, pemilihan tiga nama ini berdasarkan musyawarah dan mufakat dan sama sekali tidak ada kepentingan pribadi maupun kelompok melainkan berdasarkan kesepakatan bersama yang dilandasi dengan undang-undang otonomi khusus. 

"Pada dasarnya kami DPR Papua berharap yang menjadi Pj Gubernur Papua itu saudara-saudara yang pernah bertugas di Papua dan sudah tahu persis situasi dan kondisi di Papua sehingga kedepan bisa bekerja dengan baik untuk membangun Papua," ujarnya. 

Dari nama yang disodorkan ini, ia menyebutkna, Pemerintah Pusat tidak boleh menerima nama-nama daei kelompok, organisasi adat atau lembaga lainnya.

"Kami juga minta kepada masyarakat Papua, tidak lagi membuat kelompok-kelompok baru untuk kepentingan mengusulkan calon Pj Gubernur. Mari kita sama-sama bersatu jaga Papua dengan baik agar Papua selalu menjadi tanah damai," tuturnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Otinus Erwin Y
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya