SUARA INDONESIA JAYAPURA

Tingkatkan Kualitas Pengendara, Polres Jayapura Ubah Jalur Tes SIM C

Otinus Erwin Y - 09 August 2023 | 15:08 - Dibaca 1.06k kali
News Tingkatkan Kualitas Pengendara, Polres Jayapura Ubah Jalur Tes SIM C
Kapolres Jayapura AKBP Frederickus W.A Maclarimboen saat mencoba lintasan Jalur tes SIM C, di halaman Polres Jayapura.(is 

JAYAPURA, Suaraindonesia.co.id - Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kualitas pengendara, Polres Jayapura ubah jalur tes SIM C. 

Perubahan ini diungkapkan langsung oleh Kapolres Jayapura AKBP Frederickus W.A Maclarimboen didampingi Kasat Lantas Iptu Baharuddin Buton, ketika dikonfirmasi wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. 

"Salah satu perubahan utama dalam jalur tes SIM C adalah penekanan pada uji praktik kendaraan. Calon pengendara akan diuji secara langsung dalam mengemudikan kendaraan untuk mengukur kemampuan mereka dalam mengikuti aturan lalu lintas dan memahami tanda-tanda jalan, " ucap Kapolres Jayapura AKBP Frederickus Maclarimboen. 

Kapolres Jayapura menyampaikan kepada seluruh elemen masyarakat, terkait dengan pelaksanaan ujian SIM C dan praktek sudah ada perubahan dari angka 8 ke lintasan sirkuit sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

 "Terkait dengan sirkuit yang digunakan oleh para pemohon SIM C dalam pelaksanaan uji praktek nanti terhitung dari tanggal 7 Agustus 2023,"tuturnya.

Menurut Kapolres, perubahan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap calon pengendara yang ingin mengajukan permohonan SIM C telah melewati tes yang sesuai dan memadai. 

"Tentunya diharapkan kepada para pembuat SIM C untuk menyesuaikan. Ada nilai dan norma yang didapatkan dalam pelaksanaan ujian praktek ini sendiri mulai dari adanya rambu pengereman, berhentinya kendaraan, hingga belokan zig-zag," Paparnya. 

Selain itu, kapolres menjelaskan, tes tulis juga akan diperbarui dengan materi yang lebih komprehensif, meliputi pengetahuan tentang peraturan lalu lintas terkini, keselamatan berkendara dan kesadaran akan pentingnya mengutamakan etika berlalu lintas. 

Dia berharap adanya peningkatan kualitas pengendara melalui jalur tes yang lebih ketat dan komprehensif, akan tercipta masyarakat yang lebih sadar akan pentingnya berlalu lintas dengan aman dan bertanggungjawab. 

"Semoga perubahan ini dapat memberikan dampak positif bagi keamanan dan kualitas lalu lintas di Kota serta memberikan kesadaran akan pentingnya menjadi pengendara yang baik dan bertanggung jawab," tutup AKBP Frederickus Maclarimboen. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Otinus Erwin Y
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya