SUARA INDONESIA JAYAPURA

KKB Bakar Dua BTS di Kabupaten Puncak, Jaringan Komunikasi di Ilaga Terputus

Mustakim Ali - 11 January 2021 | 13:01 - Dibaca 997 kali
Peristiwa Daerah KKB Bakar Dua BTS di Kabupaten Puncak, Jaringan Komunikasi di Ilaga Terputus
Tampak salah satu BTS yang dibakar oleh KKB di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali melakukan aksi kejahatan di Kabupaten Puncak Papua. Kali ini salah satu fasilitas umum yakni Base Transceiver Station (BTS) dibakar, akibatnya jaringan di Ibukota Ilaga putus total.

Dua BTS yang dibakar yakni, BTS 4 yang terletak di perbukitan Pingeli, Distrik Omukia dan BTS 5 yang terletak di perbukitan wilayah Muara Distrik Mabuggi, Kabupaten Puncak.

Kapolres Puncak, AKBP Dicky Hermansyah Saragih yang dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kapolres mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Kamis (07/01/2021) lalu.

"Ya benar ada pembakaran dua BTS, yakni BTS 4 dan BTS 5. Dari laporan warga kejadian terjadi pada Kamis lalu," katanya saat di konfirmasi Senin (11/01/2021) siang.

Kapolres menyebut, kejadian pembakaran baru diketahui pada Sabtu (09/01/2201) setelah pihak Palapa Ring Timur melakukan pengecekan menggunakan Helly Cooper karena kedua BTS tidak memancarkan sinyal.

"Dari hasil pengecekan yang dilakukan kedua BTS ditemukan dalam keadaan terbakar sehingga pembangkit daya ke tower tidak terkoneksi dan link radio ke Telkom maupun Telkomsel terputus,"ungkap Kapolres.

Kapolres menambahkan, Akibat pembakaran dua BTS tersebut, jaringan 4G Telkom Ilaga terputus serta link palapa ring Sugapa-Ilaga-Mulia Terputus,"ujarnya.

Disinggung soal, pelaku pembakaran, Kapolres mengatakan bahwa pelaku merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Pelaku dari kelompok KKB, tapi belum di ketahui dari kelompok siapa dan tujuannya apa? Jadi masih kita dalami," tutupnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya