SUARA INDONESIA JAYAPURA

Super ! Bupati Puja Perintahkan Pejabatnya Gelar Natal Bersama Masyarakat

Mustakim Ali - 23 December 2020 | 08:12 - Dibaca 690 kali
Pemerintahan Super ! Bupati Puja Perintahkan Pejabatnya Gelar Natal Bersama Masyarakat
Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM

MULIA - Menjelang hari Natal 25 Desember 2020, Pemda Puncak Jaya mengadakan Rapat Koordinasi lintas Sektoral pemantapan perayaan natal di 37 titik daerah pelayanan. Ini merupakan langkah super dari Pemda dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati yang patut diapresiasi.

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut rencana Bupati sebelumnya yang ingin merayakan natal di distrik dengan melibatkan pejabat Eselon II, III dan didampingi Anggota DPRD tiap dapil. Dari yang direncanakan sebelumnya hanya 35 titik, kini menjadi 37 titik dengan penambahan GKII Wilayah Lumo dan GIDI Dagai.

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Puncak Jaya, Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Bertempat di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Senin (21/12/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua I DPRD Miren Kogoya, S. IKom, Wakil Bupati Deinas Geley, S.Sos, M.Si, Dandim 1714/PJ Letkol. Inf. Rofi Irwansyah, Kapolres AKBP. Drs. Mikael Suradal, MM, Plh. Sekda Dr. Mulyadi, S.Sos, M.AP, Kepala BPKAD Yubelina Enumbi, SE dan segenap Eselon II, Eselon III, Kepala Distrik, pimpinan Ormas, Kepala Suku. Hadir pula seluruh pimpinan denominasi gereja, termasuk pimpinan GIDI dari Wilayah dan Klasis bersama para gembala daerah.

Bupati Yuni dalam arahannya menyampaikan bahwa perayaan natal tahun ini berbeda dengan tahun - tahun sebelumnya dikarenakan adanya Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh Indonesia lebih khusus Kabupaten Puncak Jaya. Namun dirinya berharap tidak mengurangi kehikmatan serta esensi natal itu sendiri.

"Konsep natal tahun berbeda dengan tahun sebelumnya, lebih merakyat, untuk tahun ini kita lakukan di masing - masing gereja langsung ke lapangan dengan tujuan untuk lebih menyatukan setiap elemen yang ada baik dari Pemda, DPRD, TNI, Polri, ASN dan jemaat serta seluruh masyarakat yang merayakan Natal,"jelas Bupati Yuni.

Pihaknya menilai natal selama ini hanya melulu di Mulia saja dan pejabat tidak pernah turun merasakan natal di tengah masyarakat. Sehingga ide natal ini lahir sebagai jawabannya. Membuktikan keseriusannya, Pemda anggaran dana yang cukup fantastis.

"Kita bagi per Wilayah maka dari itu Pemda memberikan bantuan tunai untuk setiap Gembala daerah dengan jumlah dana yang dikeluarkan hampir mencapai 4,2 Miliar rupiah. Didalamnya sudah terperinci yang besarannya disesuaikan dengan jumlah jemaat dimasing - masing wilayah,"ungkapnya.

Penyaluran ini sendiri adalah lanjutan penyerahan bantuan natal Bupati, kepada seluruh mahasiswa asal Puncak Jaya di 8 kota studi dengan jumlah 400 juta.

Penyerahan dana tunai berlangsung hikmat yang diterima langsung pimpinan Wilayah GIDI yang diserahkan oleh Muspida Puncak Jaya disaksikan Muspida dan hadirin.

"Bantuan yang dikeluarkan Pemda pada Natal tahun ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mensyukuri berkat Tuhan sekaligus menciptakan suasana aman, damai dan nyaman untuk segenap Masyarakat jelang Natal dan tahun baru,"tambah Bupati Yuni.

Sinergitas lintas sektoral yang sudah kuat selama pandemi, menurutnya harus dibuktikan dengan turun ke Distrik dan kampung menikmati natal ditengah masyarakat.

Senada dengan hal itu, Wakil Bupati Deinas Geley meminta masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan kenyamanan menjelang Natal dan tahun baru 2021.

 "Perayaan Natal kali ini masyarakat dilarang berkeliaran dengan membawa sajam serta mengkonsumsi miras guna untuk kebaikan bersama, maka dari itu pemda akan bekerja sama dengan TNI, Polri dan Satpol PP untuk mengamankan masyarakat yang akan mengganggu keamanan Natal,"ujar Wabup Deinas.

Guna menjaga kamtibmas yang sudah terjaga jelang hari besar di Puncak Jaya, pihak keamanan yakni TNI- Polri dan didukung Satpol PP akan bekerjasama untuk melakukan patroli dengan skala besar guna mengantisipasi hal - hal yang tidak diinginkan.

Menutup acara, Ketua Wilayah GIDI Yamo, Pdt. Yason Wonda mengaku sangat bangga dan bersyukur karena Pemda memahami apa yang diinginkan gereja dan masyarakat untuk hadir merayakan natal di kampung - kampung sekaligus melihat dan mendengar langsung masalah mereka. Kedepan pihaknya berharap agar kegiatan tahunan ini menjadi rutinitas yang terus dilakukan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya